Selamat Datang di Blog GWB

GARBA WIRA BHUANA

Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Sebelas Maret Surakarta

Sekretariat : Gd Grha UKM UNS Lt. 1 Jl. Ir. Sutami 36 A 57126 Surakarta

Email : garbawirabhuana@yahoo.co.id

Rabu, 11 Januari 2012

Momentum Berubah di Hari Lingkungan Hidup Indonesia

Hari Lingkungan Hidup Indonesia yang diperingati setiap tanggal 10 Januari (Suherneti dkk., 2011)  adalah salah satu upaya yang berkaitan dengan lingkungan dan dirayakan pada setiap tahunnya. Tetapi meskipun peringatan itu dilakukan setiap tahun, angka kerusakan lingkungan bahkan terus bertambah.

Masalah lingkungan hidup adalah masalah yang tidak pernah habis sekaligus sangat dilematis. Berbagai kegiatan kita lakukan, untuk menghargai betapa pentingnya masalah lingkungngan. Mulai dari penanaman pohon, bersih pantai, hingga bersih gunung selalu digalakkan tiap tahunnya. Tetapi kecepatan kerusakan lingkungan juga sangat signifikan, baik yang disebabkan oleh faktor alam maupun ulah tangan manusia. Bahkan, data yang dikeluarkan Bank Dunia menunjukkan bahwa sejak tahun 1985-1997 Indonesia telah kehilangan hutan sekitar 1,5 juta hektar setiap tahun dan diperkirakan sekitar 20 juta hutan produksi yang tersisa.
Diceritakan dalam sebuah kisah, ada seorang anak muda yang bercita-cita mengubah dunia. Tetapi, seiring waktu ketika tumbuh remaja. Mengubah dunia adalah merupakan hal yang sangat sulit dilakukan, sehingga anak tersebut menurunkan impiannya menjadi mengubah negeri. Sayangnya, mengubah negeri pun juga dirasa masih begitu berat. Sehingga ketika dewasa dia mengubah cita-citanya menjadi merubah lingkungannya. Hingga beranjak tua, menrubah lingkungan masih dirasa cukup sulit. Sehingga cita-citanya diturunkan menjadi merubah keluarga. Celakanya, keluarganya pun tidak mau untuk dirubah. Ketika ajal akan menjemput, dia kembali merenung dan berpikir. Kenapa dulu dia tidak merubah dirinya terlebih dahulu. Siapa tahu, dengan merubah diri sendiri dapat merubah keluarganya. Lalu keluarganya dapat membantu merubah lingkungannya. Lingkungannya dapat membantu merubah negerinya, dan akirnya negerinya dapat membantu merubah dunia.
Sebuah kisah pendek yang diharapkan dapat menjadi pelajaran berharga. Sejalan dengan itu, mari gunakan  momentum hari Lingkungan Hidup Indonesia untuk berubah dimulai dari diri sendiri. (x-z)
Refferensi :
Suherneti, Nita, dkk, 2011, Pendidikan Lingkungan Hidup: Untuk SD/MI Kelas 4, Jakarta : Grasindo.

1 komentar: