Selamat Datang di Blog GWB

Email : garbawirabhuana@yahoo.co.id

Senin, 24 Januari 2011

“PENdakian MASsal&Bersih Gunung Lawu “

bersama Garba Wira Bhuana, dalam rangka penyambutan Mahasiswa Baru, kami melaksankan pendakian massal&bersih gunung lawu pada tanggal 2- 3 Oktober 2010. yang sebalumnya pada saat Expo UKM kami menetapkan 5 pilihan antara lain :
  1. PenMas& Bersih gunung
  2. Rafting
  3. Bersih pantai
  4. Outbond
  5. Sepeda santai.
Akhirnya berdasarkan polling yang diisi oleh MaRu pada saat expo ternyata banyak yang tertarik dan memilih Penmas dan bersih gunung sebanyak 48%. Pendakian massal kali ini kita diikuti oleh kurang lebih 50 mahasiswa baik dari UNS maupun luar UNS. Kali ini kita mengusung tema”Save the nature FOR the Future”. Karena kita terutama mahasiswa harus selalu menjaga dan melestarikan alam ini buat masa depan dan generasi yang akan datang. Karena bumiKu, BumiMu, adalah BumiKita semua maka harus dijaga kelestarianya demi masa depan bersama.
Sebelum pemberangkatan peserta dibagi menjadi kelompok – kelompok dan ada 5 kelompok setelah pembagian kelompok di depan Graha UKM dimulailah upacara pembukaan pada pukul 11.00 – 11.15. setelah upacara selesai dilanjutkan persiapan untuk pemberangkatan. Pemberangkatan  kita menggunakan 1 bus UNS  dan 1 truck.
Akhirnya jam 13.30 kita semua sampailah di Basecamp Cemoro Kandang.setelah itu makan siang di pendopo Cemoro kandang dan  persipan untuk pendakian. Tepat pada pukul 14.30 kelompok 1 dan para pendampingnya mulai perjalanan naik. Dan dilanjutkan kelompok 2 dengan selisih waktu 10 menit. Dari cemoro kandang menuju Pos 1 taman sari bawah`2300 dpl Medan cukup datar.. waktu tempuh satu jam. Dari pos 1 kita hanya istirahat sebentar dan dilanjutkan menuju pos 11 taman sari atas 2470 dpl, setelah dari pos 2 dilanjutkan menuju pos bayangan Medan cukup datar,, melipir punggungan. Waktu tempuh sekitar 45 menit. Saat menuju pos 3 jalan sudah gelap dan kita semua berjalan beriringan jalan dari pos bayangan ke pos 3 sebenarnya medan disini cukup landai karena terus melipir punggungan, namun ada jalan memotong -yang cukup menanjak. Akhirnya kita sampai juga di pos 3 Penggik 2780 dpl sekitar jam 8 malam. Di pos 3 kita semua istirahat dan akhirnya kita semua bermalam di pos 3. Ada yang tidur di dalam shelter pos 3 dan juga mendirikan 4 doome untuk bermalam.
Paginya sekitar jam 6 kita mulai melakukan perjalanan menuju pos 4 atau cokro suryo rute perjalanan hampir sama dengan sebelumnya. Akhirnya kami sampai di Ondo rante tapi kami tetap mengikuti jalur yang datar tanpa memotong jalan. Dengan pemandangan yang begitu indah tidak terasa kami sudah sampai pada pos 4 Cokro Suryo 3025 dpl. Perjalanan kami lanjutkan menuju puncak  Medan bervariasi, awalnya sedikit menurun, kemudian  melipir punggungan, dan sedikit naik. Waktu tempuh hingga Persimpangan antara Puncak dan Hargo Dalem sekitar 40 menit. Medan bebatuan menanjak terjal. Waktu tempuh menuju puncak 20 menit. Akhirnya sampai juga di puncak Hargo Dumilah3265 dpl setelah berfoto di puncak dan masak minuman untuk menghilangkan sedikit dingin yang mulai menusuk tulang karena cuaca yang berkabut di puncak.
Perjalanan dilanjutkan menuju Hargo Dalem, di hargo dalem kita menuju warung mbok yem dn setelh puas mengisi perut perjalanan dilanjutkn untuk turun dengan membawa bagor smbil memunguti smpah sepanjang perjalanan. Sambil membawa kantong sampah yang besar kmi semua berjalan sambil sedikit berlari Karen jalany lurus dan datar agar kami cepat smpai bawah. Jam 16.00 kami sudah sampai di Basecamp Cemoro Kandang. Kami semua bergegas bersih- bersih dan dilnjutkn dengan menyantap soto panas di warung Mbahmo. Tepat pada pukul 17.00 bus sudah menjemput kami dan kamipun bergegs untuk pulang…..Akhirny pada pukul 18.20 kami sampai kembali di Sekretariat Garba Wira Bhuna….dilanjutkan dengan pembagian dorpress dan upacaraa penutupan. Pendakian yang fantastis dan sangat seru selain menyalurkan hobi kita juga punya banyak teman selama pendakian dan yang pasti kita jug sambil menyalurkan kepedulian kita kepada alam semesta ini………..Lestarialah alamku (Muji)