Selamat Datang di Blog GWB

Sekretariat : Gd Grha UKM UNS Lt. 1 Jl. Ir. Sutami 36 A 57126 Surakarta

Email : garbawirabhuana@yahoo.co.id

Minggu, 02 Januari 2011

NAMPAK TILAS GWB - Gunung Merbabu Via Wekas-Selo (16-18 juni 2010)

10.15 -10.31
Peserta berkumpul di depan sekretarian GWB, berharap semoga perjalanan nanti berjalan dengan lancer tanpa halangan yang berarti. Amin… sambutan diberikan oleh ketua panitia dan ketua umum GWB. Selanjutnya, peserta kegiatan berangkat diiringi dengan pesan dari senior. “Ingat cuaca sukar diprediksi” ujar Baron. Selanjutnya Zain berpesan “jangan terlalu banyak bercanda.” Ditambah motivasi dari Bang Satir dengan berkata “Q percaya pada kalian”.
Teriakan, Garba, garba, garba…! Mengantarkan keberangkatan kami.
13.00-14.21
          Kami sampai di daerah Kopeng. Tempat awal mula jalan kaki kami dimulai. Tepatnya di “Gapura Wisata”  yang berada di arah timur jalan. Dilanjutnkan berberas dan makan.
14.21-16.09
          Pergerakan menuju base camp di wekas dimulai. Suara pinus tertiup angin menyambut kedatangan kami di kawasan kaki merbabu. Jalan terus menanjak.
16.09-23.00
Kami tiba di basecamp, tempat yang di ceritakan dekat dengan WC GWB ”jalanan menurun dengan WC diatas sebelah kanan jalan”. Misi baru “menunggu mas widi, mas bejo, dan mas riki”. Mas bejo dan mas riki sampai di base camp jam 18.00 mengendarai motor ^_^. Mas widi beserta keluarga tiba di base camp jam 21.00.
Setelah istirahat dan makan malam (menunya nasi, mie, rambak, + sate), perjalanan dimulai kembali.
23.00-04.03
Perjalanan dari base camp hingga pet bocor membutuhkan waktu -+ 5 jam.
04.30-07.00
Ciri2 pet bocor adalah, terdapat saluran air yang bocor dan mengeluarkan air. Istirahat. Zzz
07.00-09.45
Persiapan makan pagi dengan PJ masak : muji, fikri, damar. Sedangkan andi, kukuh, dan ratna menjadi PJ beres-beres. Selanjutnya perjalanan mulai dilanjutkan. Hati- hati di daerah ini banyak kera, disarankan agar persediaan makanan disimpan dengan baik agar tidak dicuri oleh kera.
09.45-12.00
          Perjalanan dilanjutkan hingga tiba di pos 3.
12.00-12.30
Istirahat dan makan siang. Tidak lupa dilakukan pengambilan dokumentasi.
12.30-15.20
          Perjalanan dilanjutkan. Selanjutnya, track terus menanjak dengan pijakan batu. Disarankan untuk membawa webbing, dibutuhkan sebagai pegangan apabila jalur semakin terjal. Waktu menunjukkan 14.50. puncak merbabu mulai terlihat. Sejenak terlintas pertanyaan. Bagaimana kabar teman-teman di uns?
15.35-16.00
          Acara inti Nampak Tilas GWB. Sambutan dari danru (kukuh budiono). Dilanjutkan sambutan dari ketum (muiyanti). Terakhir sebagai perwakilan nia terkecil mas widi memberikan sambutan. Garba, garba, garba…! Teriak kami dengan kompak, yang menandai perjalanan kami mulai berlanjut.
16.00-19.00
Perjalanan dilanjutkan. Jam 16.33 ketika beristirahat sejenak, kami melihat seokor kijang berlari.
Kami mendirikan dome di bawah batu tulis, 30 menit perjalanan. Karena kondisi di dekat batu tulis sekarang merupakan daerah aliran air. Sehingga kemungkinan besar akan dilalui air, apabila air meluap atau hujan deras. Kondisi jalur perjalanan buruk, dikarenakan terkikis aliran air. Jadi hati2
7.30-10.00
          Makan pagi dan beres2.
10.00-14.01
Perjalanan dilanjutkan hingga sampai pos 1 (11.00). Tempat yang nyaman untuk mendirikan dome. Kami tiba di basecamp selo jam 12.30. dan tiba di pasar dekat kecamatan jam 14.01. kondisi jalur sedikit landai dan berkelok-kelok. Kami berpisah dengan senior (mas bejo, mas riki dan mas widi) dikarenakan mas widi harus menjemput keluarga di basecamp wekas.
16.14-18.00
Jam 16.14 biz uns datang. Setelah sopir makan perjalanan pulang kami lanjutkan kami tiba di Sekretariat GWB di UNS dengan selamat.

Terimakasih kepada seluruh tim. Baik yang naik ke Merbabu (mas bejo, mas riki, mas widi, mb mumung, Kukuh, muji, ratna, andi, damar, dan fikri), maupun yang berada di solo. (Fikri)